Sunday, April 1, 2018

Pengertian Bahasa Php, dan Sejarahnya Serta Fungsinya dan Cara Menguasainya Dalam Waktu Singkat

Apa itu bahasa php?? Anda bingung harus belajar apa dahulu jika ingin menjadi desainner web..? Anda tidak tahu perbedaan HTML dan PHP..? Karena itu mari kita bahas apa itu bahasa PHP..?? 

PHP atau yang sering disebut Bahasa Pemrograman PHP adalah sebuah bahasa pemrograman yang memang didesain untuk mendesain atau mengembangkan sebuah web entah itu web statismaupun web dinamis. PHP sendiri kadang disebut sebagai bahasa pemrograman server side yang artinya PHP diproses di komputer server. Keuntungan dari PHP adalah dapat digunakan oleh semua orang secara gratis atau free dan memiliki sifat open source. 

Saat ini hampir semua programmer web di seluruh dunia menggunakan bahasa pemrograman PHP sebagai bahasa standar mereka untuk mengembangkan atau mendesain sebuah website. 

Sejarah PHP

Sejarah PHP

  PHP sendiri dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada saat itu PHP diberi nama Form Interpreted (FI), yang berupa kumpulan skrip yang mengolah data dari web.

 Nama PHP sendiri didapat saat Rasmus merilis kode sumber untuk umum, dan dengan perilisan itulah saat ini PHP menjadi open source. Oleh karena itu banyak sekali programmer web yang tertarik dengan bahasa tersebut.

Penggunaan PHP

Penggunaan bahasa php biasanya diselipkan dalam file .html  #catatan : PHP banyak digunakan untuk membuat website dinamis yaitu website yang membutuhkan update atau website yang memiliki anggota, sedangkan HTML biasanya digunakan untuk membuat website statis yaitu website yang jarang diupdate seperti blog pribadi, dll.


1. Variabel

Variabel dalam PHP selalu diawali dengan simbol dolar ( $ ) variabel sendiri adalah suatu nilai yang nilainya selalu diubah ubah sesuai dengan kebutuhan. 

2.  Awalan dan Akhiran

Awalan dan akhiran PHP selalu diawali dengan tanda 
<?php dan diakhiri dengan tanda ?> . Salah satu perbedaan PHP dan Html adalah dari awalan dan akhiranya jika html selalu diawali tanda <html> dan diakhiri </html> maka php  selalu diawali dengan tanda <?php dan diakhiri dengan tanda ?> .

3. Fungsi dalam PHP

Dalam PHP terdapat ratusan fitur yang disediakan untuk mendesain dan mengelola website kita baik itu web statis maupun dinamis, seperti contoh fungsi "echo" adalah untuk menampilkan tulisan atau kata kata dalam PHP, "pow()" untuk memangkatkan nilai dengan syarat angka pertama adalah nilai yang ingin dihitung dan angka ke dua adalah nilai pangkat seperti: pow(10,2)  yang artinya adalah 10 kuadrat atau 10 pangkat 2. Dan masih banyak juga fungsi yang lain. Yang akan saya bahas di web saya selanjutnya.

CONTOH PROGRAM

Kali ini saya akan memberi contoh halaman web yang ditulis dengan bahasa PHP.


<?php
echo " belajar bahasa php di BapakNgoding ";
?>  


Kode diatas adalah untuk menampilkan tulisan " belajar bahasa php di BapakNgoding". 

Pada contoh ini saya akan memberi contoh bahasa PHP diselipkan dengan html:



<?php
error_reporting(0);
$alas=$_POST["alas"];
$tinggi=$_POST["tinggi"];
$luas=$alas*$tinggi/2;
?>
<html>
<head>
<b>Menghitung luas segitiga</b><br><br>
</head>
<body>
<form action="" method="POST">
<label>Masukan Alas Segitiga</label>
<input type="text" name="alas" value="<php echo $alas?>"><br>
<label>Masukan tinggi Segitiga</label>asda
<input type="text" name="tinggi" value="<?php echo $tinggi?>"><br>
<label>Luas</label>
<input type="text" name="luas" value="<?php echo $luas ?>"><br>
<input type="submit" name="hitung" value="hitung">
</body>
</form>



Keterangan:


  • Error reporting berfungsi untuk menangani error yang terjadi
  • $alas,$tinggi, dan $luas adalah variabel dalam file tersebut
  • Form adalah form dalam file tersebut agar data dapat dibaca dan menggunakan method "POST" dan fungsi dari dari form action adalah form/file apa yang ingin dieksekusi ketika tombol hitung diklik, disitu saya mengisi form action=" " yang artinya jika tombol hitung di klik maka akan mengeksekusi form default atau form milik kita ( biasanya form action = " diisi dengan nama file php kita")
  • Input type = text adalah agar menampilkan form yang harus kita isi agar mendapatkan nilai dari variabel
  • Input type= submit adalah agar file tersebut bisa mengeksekusi form yang telah kita kirim dengan tombol hitung.

Sekian dari saya bila ada kata kata saya yang kurang berkenan saya mohon maaf. Bila ada pertanyaan silahkan tanya di kolom komentar. 














Load comments