Friday, November 8, 2019

Pengalamanku Menggunakan OpenSUSE

Halo teman-teman, pada postingan saya kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya menggunakan OpenSUSE, namun sebelum saya bercerita kita akan mencari tahu dulu apakah OpenSUSE itu. OpenSUSE adalah salah Sistem Operasi yang berbasis Linux atau bisa kita sebut OpenSUSE adalah salah satu distro Linux.


Gambar OpenSUSE


Nah setelah kita tahu apa itu OpenSUSE mari saya lanjutkan cerita saya. Awal mula saya menggunakan OpenSUSE adalah setelah acara GNOME Asia Summit 2019, disanalah pertama kali saya berkenalan dengan OpenSUSE karena saya melihat komunitas OpenSUSE disana hehe...😁
Setelah acara tersebut selesai saya mencoba OpenSUSE dilaptop saya dimana laptop saya adalah laptop TUF Gaming yang mayoritas penggunanya menggunakan windows untuk bermain game karena memang laptop tersebut adalah laptop gaming namun saya malah menggunakan Linux sebagai OS nya hehe πŸ˜‚.
Versi OpenSUSE yang saya gunakan pertama kali adalah OpenSUSE Leap 15.1 karena versi tersebut adalah versi stabil. Namun seiring berjalannya waktu saya memutuskan untuk menggantinya dengan OpenSUSE Tumbleweed karena saya ingin mencoba hal-hal baru, dimana di OpenSUSE Tumbleweed  banyak aplikasi-aplikasi yang baru meskipun belum stabil dan juga karena saya juga seorang developer maka saya gemar mencoba hal-hal baru. Sampai artikel ini terbit-pun saya masih menggunakan OpenSUSE Tumbleweed. Hal pertama yang saya bingungkan adalah saat pertama kali menginstallnya karena ada sedikit masalah saat penginstallan, namun masalah tersebut berhasil saya atasi dan saya menginstallnya dengan sukses. Selang beberapa lama saya mendapati masalah lagi yaitu Driver NVIDIA saya belum diinstall lalu saya pun mencoba menginstallnya berkali-kali dan meskipun agak susah karena versi NVIDIA saya adalah 1050 Ti, namun setelah saya coba berkali-kali hingga bertanya kepada komunitas OpenSUSE di Telegram dan memformat laptop saya hingga 6 kali akhirnya Driver tersebut pun sukses diinstall di laptop saya. Pada saat itu saya merasa sangat bahagia sekali πŸ˜‚, lalu saya mulai membiasakan dengan OpenSUSE dari ngoding sampai mengerjakan tugas kampus-pun saya menggunakan OpenSUSE dan hingga sekarang pun saya masih menggunakannya.

- Kesan dan pesan saya untuk yang ingin mencobanya adalah
1. Untuk pertama kali mungkin memang susah dan bingung namun setelah berkali-kali kita mencobanya maka hal tersebut akan mudah 😊
2. Jangan takut untuk mencoba karena kita tau tak akan ada pelangi jika tidak hujan
3. Cobalah menggunakan OpenSource daripada menggunakan OS bajakan heheπŸ˜‚
4. Jika ada masalah kita bisa bertanya di grup Telegram atau Facebook OpenSUSE atau bisa juga bertanya di kolom komentar di bawah, nanti saya akan mencoba membantunya πŸ‘Œ

Sekian dari saya tentang "Pengalamanku Menggunakan OpenSUSE" dan jika ada kesalahan atau kata yang kurang berkenanan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.


Load comments