Wednesday, November 27, 2019

Perbandingan React Native dan Flutter ( React Native vs Flutter )

Bingung memilih antara belajar Flutter atau React Native ?

Ingin belajar Flutter tapi ragu jika lebih bagus React Native ?


Ya pertanyaan itulah yang sering dibicarakan orang-orang khusunya bagi pemula yang ingin belajar membuat aplikasi Android, kebanyakan dari mereka sulit memilih antara belajar React Native atau Flutter. Nah oleh karena itulah kali ini BapakNgoding akan membuat artikel tentang "Perbandingan React Native dan Flutter", namun bahasan kali ini hanya berdasarkan pandangan dan pengalaman saya. Oke tanpa basa-basi langsung saja kita ke pokok masalah.





Awalnya saya juga bingung memilih bahasa programming untuk membuat aplikasi android, jadi bukan hanya kalian saja ya hehe.., sempat saya mencoba menggunakan cordova di awal saat saya ingin membuat aplikasi android namun pada bahasan kali ini saya hanya akan membahas antara Flutter dan React Native saja karena dua framework itulah yang sedang trending-trending nya saat ini. Sebelum nya saya hanya membuat aplikasi android dengan Java, namun karena pesatnya informasi dan teman saya yang menyarankan saya untuk belajar Flutter maka saya mencoba Flutter dahulu sebelum React Native karena saya berasal dari Java. Mungkin bagi kalian yang berasal dari Java bisa belajar Flutter telebih dahulu karena mirip-mirip berbeda lagi jika kalian berasal dari Javascript maka saya menyarankan belajar React Native terlebih dahulu, jujur menurut saya pribadi perbedaan antara Flutter dan React Native sendiri sangatlah minim yang artinya keduanya memiliki syntax dan cara kerja yang hampir sama. Saya saat migrasi dari Flutter ke React Native pun sempat tidak merasakan perbedaan yang banyak. Alasan saya pindah ke React Native adalah karena saya mencoba mencari library/package yang lebih banyak untuk aplikasi saya, karena menurut saya package milik Javascript atau yang biasa kita sebut npm lebih lengkap daripada Flutter, namun untuk urusan Documentation atau Doc saya lebih suka Doc milik Flutter karena lebih bagus hehe, untuk urusan performa saya masih belum bisa membandingkan karena hanya memiliki sedikit perbedaan, dan untuk urusan lainnya saya kira sama saja. Tergantung selera kita saja untuk memilih dari kedua Framework tersebut. React Native sendiri dikembangkan oleh Facebook dan Flutter sendiri dikembangkan oleh Google. Hmm sama-sama bagus kan 😁. Satu lagi yang saya suka dan keunggulan dari Flutter adalah adanya fitur Flutter Doctor dimana fitur tersebut dapat mengidentifikasi apabila ada kesalahan system yang menjalankan Flutter mulai dari SDK, Android Studio, dll.

Jadi menurut saya inilah point-point penting untuk memilih antara React Native atau Flutter

  1. Jika kalian berasal dari Javascript saya menyarankan untuk menggunakan React Native, begitu juga sebalikanya jika kalian berasal dari Java maka saya menyarankan untuk menggunakan Flutter.
  2. Cobalah semuanya lalu bandingkan sendiri hehe jika mau hehe  😁
  3. Sesuaikan dengan kebutuhan kalian, dimana menurut saya jika menggunakan Flutter aplikasi akan lebih cepat jadi daripada menggunakan React Native dikarenakan terdapat fitur Flutter Doctor tadi
  4. Jangan terlalu lama ragu dan cepat pelajari apa yang kalian yakini, jika tidak nyaman barulah pindah hehe 😁
  5. Ingat setiap developer harus mengikuti perkembangan zaman, maka kita harus beradaptasi dengan adanya fitur-fitur baru.
  6. Pantang menyerah dan tetap semangat


Note: 
Artikel ini ditulis berdasarkan pemahaman dan pengalaman saya saja selama menggunakan Flutter dan React Native

 Baca Juga : Cara Membuat Text to Voice di React Native

Nah itulah beberapa tips dalam memilih antara React Native atau Flutter menurut BapakNgoding. Sekian dari saya dan mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kesalahan kata.


Load comments